Kamu bingun bagaimana konsep kerjanya license Microsoft SQL Server?, sama! saya juga. namun sekarang saya sudah memahami beberapa konsepnya, jadi mungkin artikel ini bisa cukum membantu untuk memahami konsep license dari MS SQL Server itu sendiri



Apa itu Microsoft SQL Server?

Sama seperti SQL pada umumnya, Microsoft SQL Server adalah sebuah applikasi database yang dibuat oleh Microsoft. fitur utamanya pun sama seperti SQL Server yang lain, yaitu menyimpan data maupun memberikan data. Namun untuk SQL Server yang dijual microsoft memiliki banyak type dan memiliki banyak tipe berati memiliki banyak license yang berbeda. apa saja tipe-tipe nya?, oke kita langsung saja


Jenis License MS SQL Server

License Microsoft SQL Server dibedakan menjadi 4 tipe sebagai berikut:
  1. Per Core model
  2. Per Server Model
  3. Only for Hosting
  4. Free

Per Core Model

License Per Core model ada 2 editions. Yaitu Microsoft SQL Server Standard, dan Enterprise.

License ini dibundle per 2 Core untuk 1 license nya, dengan minimum pembelian untuk 8 core, jadi pembelian minimal adalah 4 license.

License per Core Tidak membutuhkan SQL CAL. 

sehingga license yang anda butuhkan untuk pembelian minimal adalah 4 license SQL Server.

Apakah saya bisa memindahkan license saya ke server baru?, IYA BISA, namun license hanya dapat dipindahkan ke Server baru 1 kali dalam kurun waktu 90 hari, atau lebih jelasnya bisa meng akses link berikut

(link diatas adalah contoh jika melakukan pembelian melalui CSP), jika anda melaukan pembelian lewat metode lain, dapat menyesuaikan terms & program nya.

Per Server Model

License Per Server model hanya tersedia untuk standard edition, dan pembelian nya harus dibarengi dengan SQL CAL untuk dapat diakses.

Model Per Server ini biasanya digunaan untuk server yang memiliki askes terhitung (akses yang kecil/sedikit) karna tiap akses akan membutuhan biaya tambahan yaitu SQL CAL per User ataupun Device.

Apakah saya bisa memindahkan license saya ke server baru?IYA BISA, sama seperti per Server Model, perpindahan ke server baru memungkinkan, dan dapat disesuaikan berdasarkan terms & program pembelian nya.

Only Hosting

Only for hosting sebenarnya lebih ditujukan kepada para provider VPS karna model license tersebut adalah sewa per bulan, harga license masih tetap per 2 core, namun dengan pembelian minimal 4 core.

Biasanya license ini disebut sebagai SPLA Licensing. yang diperuntukan untuk sekalu penyedia hosting.

License ini tidak memerluhkan CAL, karna modelnya masih sama seperti per Core, namun dengan biaya yang cukup terjangkau.

License ini tersedia untuk SQL Standard, Enterprise, dan Web Edition.

Free

License ini disediakan gratis oleh microsoft, antara lain adalah edisi developer dan express.



Sekian penjelasan dari saya, semoga dapat membantu.
*artikel ini dibuat pada 28 June 2022, yang dimana microsoft mungkin akan merubah skema license dimasa mendatang, sehinggan memungkinkan artikel ini tidak valid dimasa tersebut.

Refrensi