Halo!, Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana UDP bekerja?, oke langsung saja kita bahas tentang apa itu UDP

Nah gambar diatas adalah bagaimana UDP melakukan komunikasi, Banyak yang bilang kalau UDP adalah komunikasi satu arah, (seperti perasaan ku ke dia... ugrh wkwk)


Apa itu UDP?

UDP atau kepanjangan dari User Datagram Protocol adalah sebuah alternative dari TCP (Transmission Control Protocol), yang dimana proses pengiriman data yang dikirim oleh UDP tidak ada jaminan paket full aman, dikarenakan protocol UDP tidak melakukan handshake sehingga paket yang dikirim menggunakan UDP bisa sampai lebih cepat dibandingkan dengan TCP yang harus melalui Handshake terlebuh dahulu.

Bagaimana UDP Berkerja?

Oke mari kita lihat gambar Flow di bawah : 


 
 
Sisi pengirim akan meminta sebuah datagram dari si penerima, dan ketika datagram sudah di terima oleh sisi pengirim, paket-paket yang ada di sisi pengirim akan mulai di encapsulasi dan dimasukan datagram di bagian header packet agar packet bisa tau kemana tujuan nya akan dikirim.

Jika di sederhanakan, Si pengirim akan meminta alamat lengkap dari si penerima, setelah si penerima memberikan alamat lengkapnya (Datagram), si pengirim akan menandai paket tersebut dengan menempelkan alamat penerima di tiap-tiap paket yang dikirimkan.

UDP buat apa?

Oke kita kembalilagi ke topik utama, UDP adalah sebuah protocol pengiriman data yang tidak menjamin data bisa diterima 100% utuh, lalu kenapa protocol ini masih sering digunakan?.

UDP seringkali berkecimpung dengan sesuatu yang disebut Broadcast, UDP dapat kita temui sehari-hari di sebuah service yang disebut DHCP, ada juga di Game Online, DNS, Voice call, dan contonhya ada banyak lagi.

UDP sering dugunakan oleh service yang tidak terlalu mempermasalahkan jika ada data yang rusak, atau duplikat, karna pada dasarnya UDP adalah sebuah protocol yang sering saya sebu one way go dengan kata lain 1 arah.


Refrensi

https://www.cloudflare.com/learning/ddos/glossary/user-datagram-protocol-udp/
https://www.techtarget.com/searchnetworking/definition/UDP-User-Datagram-Protocol


Demikian yang dapat saya share kali ini, semoga bermanfaat \(^▽^)/